Kediri??

Nggak bayak orang yang tahu Kediri itu di mana. Kecuali bagi penggemar sepak bola khususnya persepakbolaan Indonesia. Kenapa? Karena ada salah satu klub yang membawa nama Kediri. Persik. Ya, Persik. Kali ini aku bukan mau bahas tentang Persik, tapi aku mau bahas tentang Kota Kediri, one of my home town.

Aku jadi inget sesuatu. Suatu hari, kira-kira jam 11 siang 2-3 tahun yang lalu, aku nonton MTV Ampuh di salah satu stasiun televisi swasta. Yang bawa acara VJ D. Nah, setelah beberapa tangga lagu, ternyata ada segmen telepon-menelepon. Jadi :

VJ D : Nah,kayaknya udah ada yang nelepon. Halo?

Kediriwati : Halooohh!! (Gaul tapi medhok) Hikikikikikikkkk...!! (mengakak dan mengikik dengan gk jelas)

VJ D : (senyam senyum) dari siapa?

Kediriwati : Dari Kediriwati. (ckikikan lagi. Setelah aku perhatikan ternyata dibelakang si penelpon ada temen2nya yang juga ckikikan)

VJ D : (senyumya tambah lebar) Kediriwati di mana?

Kediriwati : Di Kediri (dan... ckikikan lagi. Aku nggak tau apa yag diketawain, padahal si VJ lagi gak nglucu.)

VJ D : Oooo, Kediri. Di Kediri ternyata UDAH ADA TELEPON ya? Hahaha (GUBRAKKK!!)

Kediriwati : (asoy-asoy aja dan tetap ketawa ketiwi)

dan selanjutnya....

Yah, begitulah nasib kota yang tidak begitu populer. Temen kakakku juga pernah nganggep Kediri itu isinya sawah-sawah doang. Sebegitu desakahnya kotaku tercinta ini? Fiuhhhh... Maka dari itu, sebagai penduduk yang budiman, aku harus memperkenalkan Kediri.

Oke. (Jeng jeng jeng..) Saya perkenalkannnnnn, KEDIRIIII!!!


(peta jawa timur)

Kediri adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia yang memiliki luas wilayah 63,40 Km2. Di tengah2 kota terdapat sungai Brantas yang membujur dari Selatan ke Utara sepanjang 7 Km. Kota kediri merupakan satu-satunya kota di Jawa Timur yang mempunyai 2 gunung yaitu : Gunung Klotok dan Gunung Maskumambang. Kediri identik dengan kota rokok kretek. Di kota inilah, pabrik rokok kretek PT Gudang Garam berdiri dan berkembang. Selain rokok, Kediri juga terkenal dengan Tahunya.


(ini gapura Kota Kediri dari arah rumahku. maklum,orang kabupaten.hehe)

Menurut sejarah, pada mulanya Kediri termasuk dalam Kerajaan Mataram (ada di pelajaran sejarah kan..). Pada periode Mataram Jawa Timur, Kerajaan Mataram dipecah menjadi dua agar tidak terjadi perebutan kekuasaan. Kedua kerajaan itu adalah Panjalu dan Jenggala. Panjalulah cikal bakal Kota Kediri.

Kediri pada masa Revolusi Kemerdekaan 1945-1949 pernah dilewati oleh Panglima Besar Jendral Sudirman. Maka dari itu pada bulan tertentu (aku lupa, hehe..) diadakan napak tilas jalur gerilya Pak Dirman dari Kediri ke Bajulan-daerah Gunung Wilis. Kediri pun mencatat sejarah yang kelam juga ketika era pemberontakan G-30 S, di mana banyak penduduk Kediri yang ikut menjadi korbannya.

Segini dulu ya. Dilanjutkan di post berikutnya.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

hahaa..sapa tu Kediriwati??kamu yaaaa...hahaha

Senanata mengatakan...

Eh postingannya kok sama persis (90%) dengan info Kediri yg di wikipedia ya? hehehehe...ayo dong infonya yg terbaru ttg Kediri, terutama ttg keadaan kotanya. Pare jg terkenal tuh,bro... :-)

DitDot mengatakan...

Emang sebagian aku ambil dari wikipedia.. hehe..
Iya, Pare terkenal sama Kampung Inggris nya..